11/07/09

Teknik Penulisan Proposal Skripsi


Alhamdulillah,, tahap awal penusunan skripsi rampung juga. Proposal skripsi,, banyak temen-temen yang mentok di proposal sripsi lantaran ga megang buku pedoman penulisan skripsi ter-up-date dari kampus (UIN Jakarta).. Yah maklumlah, namanya juga anak semester "banyak" jadi lupa naro tuh buku dimana :D

Nah, buat temen-temen yang mau liat bagaimana susunan proposal skripsi versi UIN Jakarta liat disini aja,, yah lumayan lah ga harus ribet dulu. Tapi kalo dah mulai nyusun mah harus beli yah :)

A. Latar Belakang Masalah

Latar Belakang Masalah isinya gambaran hal-hal umum yang berkaitan dengan masalah yang akan diteliti dalam skripsi kita. Selanjutnya kita paparkan hal-hal yang lebih spesifik dan berujung pada penyadaran pembaca bahwa ada hal yang memang harus diangkat menjadi tema skripsi. Dengan kata lain,, isinya harus "mengerucut" berasal dari hal umum mengerucut pada keterangan bahwa ada suatu masalah yang patut diteliti.

B. Identifikasi Masalah

Pada bagian ini, peneliti menguraikan masalah-masalah yang akan diteliti secara luas. Dan nantinya menerangkan kalau masalah tersebut harus dibatasi.

C. Pembatasan Masalah


Pembatasan Masalah dibuat agar masalah lebih terfokus dan spesifik. Pembatasan Masalah dapat didasarkan pada beberapa hal seperti: a. waktu, b. tempat, c. bidang disiplin atau kajian, d. pendekatan dan e. Metode Analisis.

Contoh Pembatasan Masalah dalam skripsi TINJAUAN EKONOMI ISLAM TERHADAP PINJAMAN MODAL PERTANIAN DENGAN PENGEMBALIAN BERDASARKAN NILAI TUKAR HARGA GABAH (Rodhiah Damayanti, FSH 2008):
" Berdasarkan paparan uraian pada subbab sebelumnya, maka peneliti memfokuskan masalah yang akan diteliti pada salah satu bentuk kerjasama pertanian yang ada di Desa Belendung, yaitu pemberian modal pinjaman dengan pengembalian berdasakan nilai tukar harga gabah dan akad yang digunakan dalam transaksi tersebut."

D. Perumusan Masalah

Subbab ini berisi uraian tentang masalah yang akan diteliti. Dalam membuat perumusan masalah biasanya kalimat berbentuk Pertanyaan atau Pernyataan.

E. Tujuan dan Manfaat Penelitian

Pemaparan tujuan penelitian biasanya merupakan turunan dari perumusan masalah. Contoh,
Perumusan Masalah: Bagaimana Praktek Pemberian Pinjaman Modal Pertanian dan Mekanisme Pengembaliannya di Desa Belendung ?, maka
Tujuan Penelitian: Mengetahui Praktek Pemberian Pinjaman Modal Pertanian dan Mekanisme Pengembaliannya di Desa Belendung.

Sedangkan Manfaat Penelitian terkait dengan nilai guna dari penelitian. Biasanya dipaparkan manfaat penelitian berdasarkan sifat-sifatnya. Manfaat Teoritis, terkait dengan nilai-nilai keilmuan yang disumbangkan oleh hasil penelitian. Dan Manfaat Praktis, terkait dengan pemberian kontribusi positif bagi kelangsungan hidup umat manusia.

F. Metode Penelitian

Pada bagian ini ada beberapa hal yang harus disinggung: Pendekatan Penelitian, menjelaskan pendekatan yang digunakan dalam penelitian seperti pendekatan normatif atau empiris atau pendekatan historis atau sosiologis. Jenis Penelitian, memaparkan corak penelitian seperti penelitian lapangan, kepustakaan, dll. Data Penelitian, menjelaskan sumber dan jenis data, tekhik dan instrument pengumpulan data. Subjek-Objek Penelitian, Menjelaskan Subjek-objek yang menjadi informasi data, berapa jumlah subjek-objek yang menjadi sample penelitian, dan tekhnik penarikan sample.Tekhnik Pengolahan data, menjelaskan cara mengolah data hasil penelitian. Metode Analisis, menjelaskan alat analisis, perspektif dan model analisis yang dipakai dalam menguraikan dan menafsirkan data.

G. Review Studi Terdahulu

Berisi review dan evaluasi seluruh studi skripsi yang membahasa fokus yang sama. Gali kelebihan dan kekurangan skripsi tersebut dengan skripsi yang akan diteliti. Perbedaan tersebut akan menjadi nilai tambah dari skripsi yang akan ditulis.

H. Sistematika Penulisan

Subbab ini berisi tentang deskripsi daftar isi skripsi bab per-bab yang dibuat dalam bentuk essai yang menggambarkan alur logis dan struktur dari bangun bahasan skripsi.

I. Daftar Pustaka

Cara menulis daftar Pustaka:
a. DAFTAR PUSTAKA ditulis dengan huruf kapital,
b. Ditulis ditengah-tengah,
c. Tanpa Italic,
d. Disusun alphabetik,
e. Tanpa nomor urut,
f. Jika terdapat pengarang yang sama pada sumber-sumber yang digunakan, maka untuk nama pengarang yang kedua cukup diganti dengan garis sepanjang 14 ketukan.

Oia, harus diperhatikan juga cara penulisan Foot Note, In-Out Note dan sebagainya juga yah..

So, Mudah-mudahan Tulisan ini bermanfaat buat temen-temen semua.
Go, Graduate 2010 !!! Cayoooo...

Ditunggu Komentar Positifnya yah... :)

1 komentar:

  1. Nice Info Jangan Lupa Kunjungi Blog Saya http://jasapembuatanskripsiprofesional.blogspot.co.id/

    BalasHapus