16/07/09

Ekonomi Kerakyatan


Pada dasarnya, Ekonomi Kerakyatan tidak terdapat dalam istilah dan literatur ekonomi. Istilah Ekonomi Kerakyatan muncul sebagai jawaban atas dirasakannya kebijakan-kebijakan ekonomi yang tidak memihak pada rakyat kecil.

Ada beberapa hal yang perlu diperhaikan ketika membicarakan ekonomi. Pertama, dalam ekonomi hanya ada kategorisasi yaitu menurut hasil pendapatan. Maka dalam masyarakat dikenal orang yang berpendapatan tinggi (orang kaya) dan orang yang berpendapatan rendah (miskin). Kedua, berdasarkan kategori tersebut maka dibuat analisis terhadap dampak dari kebijakan-kebijkan ekonomi terhadap masyarakat yang tingkat pendapatannya berbeda. Kemudian dapat diketahui hasilnya, bahwa suatu kebijakan akan berdampak berbeda terhadap tingkat pendapatan tiap-tiap masyarakat.

Maka tidaklah mengherankan jika saat ini, pertumbuhan ekonomi lebih dirasakan oleh masyarkat yang berpenghasilan tinggi (orang kaya). Kemudian, bagaimana ekonomi mengatasi ketimpangan distribusi tersebut??

Pada tahun 90an Bank Dunia mengadopsi Broad-Base Growth (Pertumbuhan dengan Basis Luas), yang kemudian karena dalam World Development Report yang diterbitkan Bank Duniatidak pernah terdefinisikan dirubah menjadi Pro-Poor Growth.

Asal usul kebijakan ini muncul dari kegagalan pendekatan yang mengedepankan pertumbuhan dan mengabaikan distribusi. Kebijakan ini dirumuskan sebagai suatu kebijakan ekonomi yang berpihak kepada rakyat miskin. Pada intinya, kebijakan ini mengurangi kemiskinan dan ketimpangan melalui pertumbuhan ekonomi berpihak secara jelas.

Dengan kebijakan ini, masyarakat miskin lebih banyak diberi kesempatan untuk terlibat dan menikmati hasil pembangunan, yaitu dengan melibatkan masyarakat miskin dalam kegiatan ekonomi. Kebijakan ini memerlukan dukungan politik yang kuat, karena biasanya menyangkut sektor yang membutuhkan dana besar. Seperti pendidikan, kesehatan, UKM, dll.

Jadi pada intinya, ekonomi kerakyatan tidak dikenal dalam literatur ekonomi. Yang ada adalah Pro-Poor Growth yaitu kebijakan yang memihak pada rakyat miskin ;)


Ditunggu Komentar Positivenya yah ....


1 komentar:

  1. Best Rings For Men - Titanium Ring For Men
    The ring from the band of Ring for Men. This ford edge titanium 2019 ring contains an original titanium auto sales ring for titanium wood stoves the band of Ring ford titanium and contains the original Ring and titanium earrings sensitive ears it comes complete

    BalasHapus