24/06/09

Bank Syariah Perlu Buat Produk Bersama


HalalGuide--Bank Syariah diminta segera membuat produk bersama guna makin memudahkan menghimpun dana pihak ketiga (DPK). Pendapat itu diungkapkan Presiden Direktur PT Sigma Cipta Caraka, Djarot Subiantoro, selaku penyedia layanan solusi perbankan, disela-sela acara Asia Pacific Conference and Exhibition (Apconex), Kamis (10/5).

Djarot mengatakan,dengan adanya produk bersama, maka masyarakat yang ingin bertransaksidengan bank syariah tidak lagi harus memilih-milih banknya. ''Karena itu saya mengharapkan, masing-masing bank syariah mau terbuka dan tidak terlalu mementingkan kepentingan pribadi saja,'' jelasnya.

Produk bersama tersebut, bisa dilakukan dengan membuat tabungan bersama, seperti tabungan haji. ''Sehingga masyarakat bisa langsung menabung di salah satu bank syariah manapun yang langsung terhubung dengan system Komputerisasi Haji Terpadu (siskohat) Depag. Dengan demikian, system penghimpunan dana pihak ketiga pun akan semakin cepat,'' katanya.

Mengenai rencana, Menteri Agama untuk memilih tiga bank syariah saja sebagai Bank Penerima Setoran (BPS) Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH), menurut Djarot, bank syariah yang terpilih bisa menjalin kerjasama dengan semua bank syariah atau bank lainnya agar memudahkan masyarakat menyetorkan BPIH ke bank bersangkutan, kendati harus melalui bank lain.

Djarot menyatakan, produk bersama ini akan sangat memudahkan masyarakat saat ingin menabung di bank syariah. Karena nasabah akan langsung memilih produk tersebut tanpa harus membanding-bandingkan sistem bagi hasilnya antara bank yang satu dengan yang lain. Produk bersama ini, sangat efektif dalam mendorong pertumbuhan bank syariah. ''Insya Allah, selain dengan cara office channelling, tabungan bersama ini juga akan mempercepat penghimpunan dana masyarakat sehingga target 5 persen pangsa pasar syariah di tahun 2008 akan cepat terlaksana,'' katanya.

Saat ini berbagai kendala perbankan syariah seperti masalah SDM, jaringan dan sistem IT, perlahan mulai teratasi. Termasuk masalah interkoneksi. ''Menurut saya, saat ini masalah interkoneksi bank syariah sudah bukan suatu permasalahan lagi. Yang jadi masalah justru cara menarik masyarakat untuk menjadi nasabah bank syariah. Itulah yang harus kita cari solusinya.

Nah, untuk masalah ini, tentu produk bersama bisa menjadi alternatif jawabannya,'' jelas Djarot. Pihaknya akan terus berperan sebagai penyedia solusi perbankan, dengan terus mengembangkan sistem layanan untuk memberikan kecepatan, ketepatan dan keluasan bank syariah. Saat ini, terdapat sembilan bank yang sudah menggunakan sistem IT Sigma. Diantaranya lima BPD dan empat bank besar. ''Tahun ini kami harapkan bisa bertambah lagi sekitar 3-5 bank,'' jelasnya.

Sumber
:republikaonline
Halal Guide .INFO - Guide to Halal and Islamic Lifestyle
http://www.halalguide.info _PDF_POWERED _PDF_GENERATED 17 May, 2007, 16:38




Ditunggu komentar positifnya...

0 komentar:

Posting Komentar